Hari Selasa 14 Desember 2021 Tim UP APHP SMKN 1 Negeri Besar mengikuti Seminar Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Mengolah Pangan dengan Aman di Masa Pandemi Covid-19 yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan yang bertempat di Puskesmas Rawat Inap Purwo Agung Kecamatan Negara Batin, Way Kanan. Seminar ini diikuti oleh pelaku usaha (produsen) pangan, Kelompok Wanita Tani, perwakilan kader, dan petugas kesehatan.

Di masa pandemi Covid-19, kebersihan dan kesehatan menjadi prioritas kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari, terlebih dalam pengolahan pangan. Jika pangan yang kita konsumsi aman, bersih dan menyehatkan, maka resiko penularan Covid-19 juga akan berkurang. Bapak Edi Gunawan, S.KM selaku pemateri menyampaikan 5 Kunci Keamanan Pangan yaitu :

  1. Jagalah Kebersihan
  2. Pisahkan pangan mentah dengan pangan matang
  3. Masaklah dengan benar
  4. Jagalah pangan pada suhu aman
  5. Gunakan air dan bahan baku yang aman

Sebelum membeli produk pangan, sebagai konsumen kita juga harus memperhatikan 4 hal (KLIK) yaitu Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa.

Selanjutnya Apt. Dian Pusvita, S.Far menyampaikan tentang Keamanan Mutu dan Pangan, dimana pangan dikatakan aman dikonsumsi jika pangan bebas dari cemaran dan tidak bertentangan dengan agama, budaya dan keyakinan. Salah satu cemaran yang membuat pangan tidak aman adalah cemaran kimia, contohnya pestisida, formalin, boraks, rhodamin b, dan lainnya.

Selain mengikuti seminar, pihak UP APHP SMKN 1 Negeri Besar yang diwakili oleh Ibu Lisa Aulia Sari, S.TP juga mengusulkan usulan izin edar untuk produk-produk yang diproduksi UP APHP. Diharapkan dengan adanya izin edar produk ini dapat memperluas peredaran penjualan produk dan meningkatkan jiwa enterpreneur peserta didik.